Rabu, 23 Desember 2009

Jenis-jenis Tungsten Electrodes GTAW

Sekilas tentang jenis-jenis tungsten electrode untuk proses GTAW yang saya petik dari Welding & Cutting journal edisi Mei 2008 terbitan dari DVS-German Welding Society : 

* Pure Tungsten, 
     Jenis ini membutuhkan input energi yang lebih besar sehingga agak sulit untuk start awal pengapiannya dan busur apinya kurang stabil. Lebih cepat terbakar sehingga usia pakai lebih cepat. 

* Thoria Tungsten, 
     Jenis ini paling banyak digunakan seperti di Indonesia.Ternyata tungsten ini walaupun performanya cukup baik, namun juga ada kelemahannya yakni mengandung radio toxic, sehingga sudah banyak manufaktur dan welder (di Eropa) yang menghentikan pemakaian tungsten jenis ini untuk alasan kesehatan. 

* Zirconia stabilized tungsten, 
     Tungsten ini sangat baik untuk mendapatkan kualitas lasan ketika di-radiography karena kontaminasi tungsten jenis ini sangat minim.

* Cerai stabilized tungsten, 
     Bagus untuk pengelasan ampere rendah, untuk DC tube orbital, pipa dan material tipis. Busur api yang dihasilkan juga stabil.

* Lanthana, 
     Non radio-toxic dan usia pakai yang cukup panjang. Banyak digunakan sebagai alternative pengganti thoria tungsten. 

* Combination stabilized,
     Tungsten jenis ini tidak banyak ditemukan, hanya ada beberapa manufaktur yang membuat tungsten ini. Jenis ini mengandung formula non radio-toxic, bisa digunakan untuk pengelasan "all purpose", usia pakai yang panjang di mana kondisi fisik tungsten tetap dalam keadaan bagus walaupun sudah digunakan lebih dari 200 x pengelasan

Smoga bermanfaat….


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan komentari tulisan saya ini...