Kamis, 31 Desember 2009

Upload Video langsung di Postinganmu !!

   Voila . . . Akhirnya sukses juga saya meng-upload video langsung ke dalam postingan Go-Blog saya. Gak pake acara embed-embed-an segala. Pokoknya, video apapun yang kamu punya di local HDD bisa langsung di-upload. Berapapun size & jumlah yang di upload.
   Mari kita mulai saja, proses peletakan video di postingan.

1. Ketik di browser anda http://bloggerindraft.blogspot.com, akan tampil begini



2. Login ke dalam sub-websitenya, yaitu www.draft.blogger.com 
    Akan tampil seperti tampilan biasa saat anda login normal di Blogger.com


3. Lakukan aktivitas seperti biasa saat anda nge-Blog. You'll be excited . .
    Ada penambahan 2 Button baru untuk aktivitas editing anda.


4. Silahkan upload video favorite sesuka anda.
   Note : Hanya 1x upload per sesi uploading untuk mencegah PC anda Bengong.


5. Sorry, untuk pengguna browser selain Firefox & Internet Explorer sepertinya anda harus pakai alternatif browser di atas. Karena Tips ini hanya berlaku di 2 browser tersebut (kata Ownernya sih, karena saya belom cobain)

6. INGAT. . .aktivitas blogging anda harus selalu berada di dalam koridor Draft

7. Happy Uploading.

PEMBACA YANG BERSAHABAT TIDAK LUPA MENINGGALKAN KOMENTAR...

  

Welding & NDT Videos

,
  Kalau di postingan awal saya berbagi photo-photo yang ada hubungannya dengan Oil&Gas, hari ini saya mau mencoba berbagi sedikit Video(s) yang banyak berhubungan dengan Proses Pengelasan (Welding Process). Entah itu pengelasan dengan cara Manual maupun dengan cara Otomatis.

   Oke, kita langsung tonton saja. Berhubung saya belum tahu cara meng-upload video ke dalam postingan, maka saya cuma membagi Link-nya saja. Karena sekarang saya udah tahu cara meng-upload Video langsung ke dalam postingan. hehehe...
   
SMAW (Shield Metal Arc Welding) a.k.a Manual Welding

  video


* OAW (Oxy-Acetylene Arc Welding) a.k.a Las Busur Api


video

 
* Robotic GMAW (Gas Metal Arc Welding) Welding

video



* Radiographic Test

video


   Segitu dulu ya . . .  berhubung sharing server yang saya pakai udah full. Nanti saya share lagi, sambil nyari sharing server yang masih free slot. Nanti yang ada malahan page ini yang berat & gak bisa di-load karena kebanyakan video.


Happy Welding


PEMBACA YANG BERSAHABAT TIDAK LUPA MENINGGALKAN KOMENTAR...

Rabu, 30 Desember 2009

Numpang Nampang


    Wah, sepertinya saya mulai punya sifat sedikit narsis ya. Tapi ga apa-apa, kan sikit aja. wkwkwkwkwk....
    Ini waktu mau pulang dari tempat kerja. Psst....waktu itu sepi, udah pada balik semua. ya udah, ditolongin oleh rekan se-narsisan, aksi ini pun terus berlanjut. Lanjoot....

    Well....Here I am with my Narcist-Ever action...
    click !

Rabu, 23 Desember 2009

Jenis-jenis Tungsten Electrodes GTAW

Sekilas tentang jenis-jenis tungsten electrode untuk proses GTAW yang saya petik dari Welding & Cutting journal edisi Mei 2008 terbitan dari DVS-German Welding Society : 

* Pure Tungsten, 
     Jenis ini membutuhkan input energi yang lebih besar sehingga agak sulit untuk start awal pengapiannya dan busur apinya kurang stabil. Lebih cepat terbakar sehingga usia pakai lebih cepat. 

* Thoria Tungsten, 
     Jenis ini paling banyak digunakan seperti di Indonesia.Ternyata tungsten ini walaupun performanya cukup baik, namun juga ada kelemahannya yakni mengandung radio toxic, sehingga sudah banyak manufaktur dan welder (di Eropa) yang menghentikan pemakaian tungsten jenis ini untuk alasan kesehatan. 

* Zirconia stabilized tungsten, 
     Tungsten ini sangat baik untuk mendapatkan kualitas lasan ketika di-radiography karena kontaminasi tungsten jenis ini sangat minim.

* Cerai stabilized tungsten, 
     Bagus untuk pengelasan ampere rendah, untuk DC tube orbital, pipa dan material tipis. Busur api yang dihasilkan juga stabil.

* Lanthana, 
     Non radio-toxic dan usia pakai yang cukup panjang. Banyak digunakan sebagai alternative pengganti thoria tungsten. 

* Combination stabilized,
     Tungsten jenis ini tidak banyak ditemukan, hanya ada beberapa manufaktur yang membuat tungsten ini. Jenis ini mengandung formula non radio-toxic, bisa digunakan untuk pengelasan "all purpose", usia pakai yang panjang di mana kondisi fisik tungsten tetap dalam keadaan bagus walaupun sudah digunakan lebih dari 200 x pengelasan

Smoga bermanfaat….


Selasa, 22 Desember 2009

4 Muncul & 1 Menghilang

     Innalillahi Wa Inna ilaihi Roji'un.
     Ya allah, Engkau yang Maha Mengetahui yang Tersirat & yang Tersurat. Dan Engkau lebih tahu apa yang hamba-Mu sangat butuhkan.

     Akhir tahun 2008, 2 orang dari keluargaku menikah (salah satunya saya). 
     Tahun 2009, 2 orang sepupu kandungku juga menikah. Kami berempat hanya berbeda 1 bulan nikah. KEJAR TAYANG, kurasa. Sekarang sudah di akhir tahun 2009, sudah waktunya menuai hasil pernikahan kami.
     Di awal tahun 2009, kami berempat mendapat "titipan" dari Allah. Istri-istri kami semuanya hamil. Masih ditambah bonus 1, Tante tersayang, adik bungsu ibuku, yang telah menikah 7 tahun, juga ketiban rezeki. BELIAU AKHIRNYA HAMIL...

     Di akhir tahun 2009 ini, satu-persatu anak-anak kami akhirnya lahir, bayi terakhir yang lahir adalah RAISHA NADYA KHUMAIRA, anakku yang lahir tanggal 17 Desember 2009 kemarin.
     Jadi, sudah 4 bayi yang lahir di keluarga besar kami.

     Tibalah, saatnya bayi terakhir siap untuk dilahirkan ke muka bumi Allah ini. 

     Bayi terakhir itu adalah anak Tante-ku yang sudah 7 tahun mereka impi-impikan bersama. Sesuai perkiraan dokter, tanggal kelahirannya adalah tanggal antara 17 Desember s/d 22 Desember 2009. HARI INI....sama seperti perkiraan dokter untuk tanggal kelahiran Raisha.

     Rupanya, Allah berkehendak lain. Dia lebih mengetahui daripada hamba-Nya yang sok tahu. Sunnatullah berlaku hari ini untuk jabang bayi tante-ku. Saat diperiksa bidan RS sesaat sebelum melahirkan, kandungan tanteku tidak bersuara, alias jantung bayinya tidak lagi berdetak. Ditambah lagi, kondisi tante yang Tensi darahnya melambung tinggi sampai 200/110. dia mengalami HIPERTENSI 3 hari..

     Bayi mereka yang ditunggu-tunggu 7 tahun, telah meninggal di dalam rahim tante-ku. Akhirnya diputuskan dokter untuk operasi CAESAR guna mengeluarkan jenazahnya.

     Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un.....
     Allah hanya menitipkan hamba-Nya selama 9 bulan di kandungan untuk dirawat & dijaga tante-ku.

     Akhirnya, jam 3pm hari ini jenazah sang bayi dikuburkan di pemakaman keluarga, Tepat di samping kuburan kakekku yang telah mendahului kami 12 tahun lalu.
     Sang bayi laki-laki mereka di beri nama : Muhammad Rizky Neviar. Dia adalah sepupuku yang termuda yg belum sempat menghirup oksigen di bumi Allah. So long my cousin, Heaven is the right place for you.........

      Sebelum ibuku menutup telepon mengabarkan berita duka ini, beliau berkata "Mungkin tante ingin melihat semua keponakannya berbahagia dengan kehadiran buah hati kalian. Yang kemudian akan di tutup dengan manis oleh buah Cinta tante-mu."


     "Selamat Jalan, saudaraku. Cukup senang mengetahui bahwa kau pernah hadir mengisi rahim ibumu & mengisi hari-harinya dengan kebahagiaan yang telah lama dia nantikan."
     "Surga adalah tempat terbaik untukmu, bro !"

Senin, 21 Desember 2009

Dan lahirlah Raisha





 Hari itu, Kamis tanggal 17 Desember 2009. Hari dimana terjadi peristiwa yang bersejarah untuk saya & istri.
Alhamdulillah, putri kami yang bernama lengkap "Raisha Nadya Khumaira" terlahir ke Dunia.

 Sebelumnya, istri saya mengeluh perutnya sakit. Saya kasihan, dari jam 2 subuh sampai menjelang kelahiran putri kami.
 Saya ingin Flashback dulu.
 Subuh tanggal 16 Desember 2009, jam 5.30am kami berangkat ke bidan karena istri terus kesakitan. PUCAT...LEMAS...!!
 "Pak, istri bapak baru mengalami Bukaan 1. Untuk anak pertama, biasanya lama." kata sang bidan. Dan kami pun pulang, saya lanjut mandi untuk berangkat kerja.

 Setelah seharian kerja, aktivitas saya berlanjut ke Kuliah. Jam 7 p.m istri sms, "Aa, Perut Rani sakiit sekali. Tadi sempat muntah, ibu sampe bingung gak tau mw ngapain. Aa bisa pulang kuliah cepat ?"
 JREENG..."ada apa ini, ada yang salahkah ?" pikir saya. Setelah ijin ke dosen, jam break 9 p.m saya cabut pulang. NGEBUT !! Sampe di rumah, istri tertidur sambil pegang perut. "Yank, ayo kita ke bidan lagi. Kita periksa." kata saya ke istri.

 Jam 00.30 hari Kamis, 17 Des 2009 bidan bilang "Baru bukaan 2, pak." Masya allah, udah 24 jam istri saya kesakitan. Akhirnya kami putuskan untuk membawa ke RS bersalin BMC (Batam Medical Center).
 Akhirnya, istri & saya masuk ruang bersalin jam 4am. ALHAMDULILLAH, dzikir & doa kami cepat di dengar Allah. Hanya 10menit saja, istri saya melahirkan RAISHA dengan proses bersalin normal. 
 Allah telah memudahkan proses persalinan RAISHA.
 Akhirnya Raisha lahir dengan kondisi Sehat & Fisik yang lengkap. Beratnya : 3.25kg & Panjang : 51cm. Cukup besar untuk ukuran bayi baru lahir.

 Alhamdulillah, keluarga kecil kami telah bertambah lengkap dengan kehadiran RAISHA NADYA KHUMAIRA. Dari bahasa Arab, Yang dalam bahasa Indonesianya adalah "Sang Dermawan yang Kemerah-merahan yang membawa Pencerahan pada Dunia". 
 Sedangkan arti RAISHA secara khusus adalah singkatan dari Rani & Riksha. Ayah & Ibunya. 


Senin, 09 November 2009

Sharing Photo

Hari ini, saya mau berbagi-bagi photo koleksi.
Tapi bukan sembarangan photo lo, tapi photo yang banyak kaitannya dengan pekerjaan saya di bidang Industri Oil & Gas, terutama Offshore (Lepas Pantai).
Yaa....siapa tahu sih, ada jalan lebih baik yang di kasih oleh Allah SWT untuk bisa bergabung kerja lebih jauh di sana.
hehehe.....AMIN ya Robbal Aa-Lamiin.


Langsung aja bro, pelototin. Siapa tau, bro juga ada yang belon pernah liat yang beginian (klo yang udah pernah liat & udah pada bosen, yaa maap)..




1. Hercules Barge (Tongkang Rigger)




 2. Oil & Gas Platform






3. Floating Production, Storage, Offloading (FPSO) Tanker






4. Jacket Platform Erection Process




5. Jack-Up Rig Fabrication





6. Pressure Vessel Lifting


Sebenernya masih banyak lagi sih koleksi saya, yang mau di masukin ke Blog. Tapi karena udah jam mau pulang, besok di sambung lagi ya.

Cara Menghitung Jumlah Kawat Las Terpakai

Dalam melakukan perhitungan jumlah kawat las yang dibutuhkan maka harus diperhatikan hal
hal berikut ini.

1. Process yang akan digunakan apa.
Hal ini akan berhubungan dengan effisieinsi dari kawat
las itu sendiri. Proses las seperti SMAW mempunyai effect yang berbeda dengan GTAW.
Karena banyak dari kawat las akan terbuang jadi slag, puntung, abu, dll. Dimana hal ini
tidak ditemui dalam GTAW. Untuk proses SMAW effisieinsi kawat las berkisar 60%.
Artinya kalau kita menggunakan kawat untuk las 10 kg maka yang jadi weld metal hanya 6
Kg saja yang lainnya kemana…?
Ya itu tadi jadi slag dan puntung serta debu.

2. Lihat joint preparation.
Single bevel dengan single V mempunyai volume yang berbeda
satu sama lain. Begitu juga single V dengan double V mempunyai volume yang berbeda.
Hitung volume dari joint preparation yang akan dilakukan dengan perhitungan sinus
cosines atau phitagoras yang mana yang applicable

3. Tentukan rho (berat jenis dari material),
    Untuk steel, rho nya 7.8 gr/cm3

4. Tentukan panjang daerah yang akan dilas.

5. Convert hasil perhitungan ke Kg

Contoh :
Dari gambar dibawah ini
















Diketahui :

Tebal material 20 mm dan
berat jenis steel = 7.8 gr/cm3 dan
panjang las = 1000 mm

Tanya :
Hitunglah berapa kawat las yang dibutuhkan bila menggunakan proses SMAW

Jawab :
Ada banyak cara untuk menjawab soal diatas.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Tentukan volume area dari root opening sampai ke cappingnya.
Disini jangan dimasukkan area yang daerah bevel.

Diketahui :
Root opening 4 mm dan
Tebal material 20 mm serta
Panjang las lasan 1000 mm
jadi volume daerah ini adalah
= 4mm x 20mm x 1000mm
= 80.000 mm3

2. Tentukan volume daerah bevel kira dan kanan.
Diketahui sisa tebal material yang akan dilas daerah ini saja setelah dikurangi dari root face
= 20mm - 3mm
= 17mm

Sudutnya 30 derajat,
berapa panjang daerah X ?
Kalau kita gunakan rumus tangent, maka
di dapat tg 30 = x/17 ,
didapat
X  = 17 tg 30
    = 9.8 mm

Jadi volume ke dua area bevel
= 9.8mm x 17mm x 1000mm
= 166.600 mm3

3. Total semua area menjadi
= 80.000 mm3 + 166.600 mm3
= 246.600 mm3,

kalau dikonversikan ke cm3
= 246.6 cm3

4.Berat Jenis = m/v,
  m = Berat Jenis x V
      = 7.8 gr/cm3 x 246.6 cm3
      = 1923.48 gr
      = 1.92 kg

5. Eff kawat 60% berarti berat yang dibutuhkan adalah 0.6 X = 1.92 Kg,
    berapa nilai X ?
    X= 3.2 kg

6. Jadi kawat las yang dibutuhkan untuk pengelasan ini adalah 3.2 Kg.


Dikutip dari : www.hazwelding.com

Minggu, 27 September 2009

ASME Stamps


    Buat teman-teman seperjuangan, Para Senior, Rekan Junior yang berkecimpung di dalam dunia fabrikasi, pasti tahu (walau mungkin ada yang enggak) dengan ASME Stamps.
    ASME Stamps adalah Stamp / Hard Stamp untuk Legalitas yang di berikan oleh ASME Amerika Serikat kepada perusahaan fabrikasi / konstruksi yang telah memenuhi semua persyaratan yang tercantum di Code ASME (any Section & Division) untuk memproduksi Vessels (Boiler, Heat Exchanger, Pressure Vessel, dll) yang dipakai di dunia fabrikasi.
   Stamp ini di berikan oleh ASME melalui AI (Authorized Inspector) representatif mereka yang secara ketat mengawasi jalannya proses sertifikasi.
    Agar lebih jelas mengenai Stamps yang di berikan oleh ASME ke Qualified Companies yang ada & diaplikasikan pada apa saja, coba lihat gambar di bawah.
    Semoga berguna untuk semua..




































Sabtu, 26 September 2009

Posting Pertama-ku

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga saya membuat sebuah Blog. Setelah bosan bermain friendster, lalu mulai keranjingan mainan baru yang bernama facebook yang menggemparkan dunia maya.

Hmm.....mari kita coba mainan satu ini. BLOG, ya mainan lama kata orang-orang, tapi saya baru mulai untuk menekuninya...

Hehehe....kayaknya emang udah telat ya ? Tapi, Better Late than Never.